Terbuka untuk Umum, KCU Fasilitasi Korea Education Fair 2024

Terbuka untuk Umum, KCU Fasilitasi Korea Education Fair 2024

Jakarta (UNAS) – Korea Corner Universitas Nasional (KCU) fasilitasi kegiatan Korea Education Fair 2024. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pembelajaran di Korea dengan menghadirkan empat universitas terkemuka di Korea. Keempat universitas itu ialah Silla University, Kyung Hee University, Hanyang University Erica, dan Hanyang Cyber University.

Ketua KCU Fachrunissa Aullyani menuturkan bahwa universitas tersebut menawarkan beberapa program yang dapat diambil oleh lulusan SMA sederajat, maupun lulusan Sarjana yang ingin melanjutkasn ke pendidikan Pascasarjana. “Ada program les Bahasa Korea, program pertukaran pelajar, dan program lanjut kuliah. Beberapa universitas juga menawarkan program beasiswa yang bekerja sama dengan pemerintah Korea,” jelasnya saat diwawancari oleh Humas UNAS di tengah-tengah kegiatan.

Acara yang berlangsung pada kamis 16 Mei 2024 ini dibuat oleh  KCU Unas,  tingkat antusias yang tinggi dari mahasiswa menjadikan acara bisa menjadi agenda yang wajib,  itu harapan yang disampaikan oleh para mahasiswi Prodi Bahasa Korea. “Kami juga tiap bulan rutin menyelenggarakan kegiatan K-ON untuk mengenalkan budaya Korea seperti K-POP Dance, makanan Korea, alat musik tradisional Korea, bahkan nonton bareng film Korea sekaligus membedah sejadah Korea,” imbuhnya.

Salah satu pengunjung Korea Education Fair 2024, Keysa dari SMK Kharismawita 1 Jakarta mengungkapkan bahwa, selain memberikan informasi mengenai pendidikan di Korea, kegiatan ini juga bisa memberikan gambaran mengenai kehidupan di Korea, dan persiapan jika ingin berlibur ke Korea.

“Saya jadi tahu mengenai informasi kampus-kampus unggulan di Korea, termasuk fasilitas yang ditawarkan seperti asrama dan beasiswa. Apalagi ada satu kampus di Korea yang sudah membuka kuliah online jadi bisa belajar dari mana saja,” ungkapnya. Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNAS, Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd. menuturkan bahwa KCU merupakan wadah bagi mahasiswa, siswa, ataupun masyarakat umum yang ingin belajar mengenai bahasa dan budaya Korea.

“Kami juga membuka kesempatan bagi pihak eksternal yang ingin mengadakan kerja sama untuk melakukan kegiatan ataupun pengembangan studi Bahasa Korea di KCU ini,” ujarnya dalam sambutan. Ia melanjutkan, UNAS juga telah memiliki kerja sama dengan beebrapa universitas di Korea. “Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut dan bisa memajukan Bahasa Korea di Indonesia, dan sebaliknya Bahasa Indonesia di Korea,” pungkasnya.

 

Sumber : https://www.unas.ac.id/berita/terbuka-untuk-umum-kcu-fasilitasi-korea-education-fair-2024/