Benchmarking Kurikulum OBE, Program Studi Bahasa Korea (FBS) UNAS ke Program Studi Pendidikan Bahasa Korea, FBPS UPI Bandung

Benchmarking Kurikulum OBE, Program Studi Bahasa Korea (FBS) UNAS ke Program Studi Pendidikan Bahasa Korea, FBPS UPI Bandung

Bandung – Program Studi Bahasa Korea, Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (Unas) melaksanakan kegiatan benchmarking ke Program Studi Pendidikan Bahasa Korea, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FBPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, dengan tujuan mempelajari penerapan kurikulum Outcome-Based Education (OBE). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat mutu akademik serta menciptakan lulusan yang kompetitif dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Kunjungan ini berlangsung pada Rabu, 23 Oktober 2024 di mana tim dari Unas yang dipimpin oleh Ketua Program Studi Bahasa Korea Fahdi Sachiya, S.S., M.A. diterima langsung oleh jajaran pengelola Program Studi Pendidikan Bahasa Korea UPI. Fokus dari pertemuan ini adalah mempelajari pengalaman UPI dalam mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum OBE yang berbasis capaian pembelajaran, serta upaya integrasi soft skills dan kompetensi dalam proses perkuliahan.

Selain diskusi tentang struktur kurikulum, kegiatan benchmarking ini juga mencakup peninjauan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, seperti laboratorium bahasa, metode praktik mengajar, dan kerja sama dengan institusi mitra, baik di dalam negeri maupun internasional.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam memperkaya wawasan dan memperkuat standar kurikulum kami agar selaras dengan perkembangan kebutuhan dunia pendidikan dan industri,” ujar Fahdi Sachiya, S.S., M.A..

Di sisi lain, pihak UPI berharap kerja sama ini dapat membuka peluang kolaborasi lebih lanjut dalam bidang pendidikan dan penelitian, seperti pertukaran dosen dan mahasiswa atau kerja sama pengembangan program bersama di masa depan.

Kegiatan benchmarking ini diharapkan dapat mempercepat proses penyesuaian kurikulum OBE di Unas dan mempererat hubungan akademik antara kedua institusi.FBS

Dokumentasi Kegiatan