PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI
No. | Profil Lulusan | Deskripsi |
1. | Pengguna aktif bahasa/ sastra Inggris | Pengguna aktif bahasa Inggris memiliki cakupan bidang pekerjaan yang bervariasi dan dapat dilakukan secara mandiri maupun dalam kerjasama kelompok/ institusi dengan memanfaatkan kemampuan berfikir secara kritis maupun imajinatif dalam bekerja.
– Content writer – Blogger/ vlogger – Jurnalis – Broadcaster – Tour guide – Editor – Asisten ahli bidang ilmu lain (hukum, kedokteran, ekonomi, akuntansi, dll) |
2. | Ahli bahasa Inggris | Ahli bahasa Inggris memiliki bidang pekerjaan yang menuntut kemampuan dalam analisis bahasa baik lisan maupun tulisan.
– Saksi ahli bahasa (forensik linguistik) – Pengajar Bahasa Inggris |
3. | Ahli Sastra Inggris | Lulusan sastra Inggris memiliki bidang pekerjaan yang berkaitan dengan pemahaman serta aplikasi kemampuan bidang sastra, khususnya yang berbahasa Inggris.
– Pujangga – Sastrawan |
4. | Penerjemah | Lulusan yang dapat bekerja secara mandiri, dalam perusahaan atau institusi, maupun dalam hubungan partnership, dengan memanfaatkan ilmu terjemahan dan kemampuan berkomunikasi dalam mengalih-bahasakan bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia maupun sebaliknya, baik secara tertulis maupun lisan.
– Translator – Interpreter – Subtitle editor |
5. | Peneliti Bahasa dan Sastra Inggris | Merupakan bidang pekerjaan yang melakukan aktifitas dengan mengaplikasikan kerangka berfikir kritis dan pemahaman tentang metode analisis bahasa dan sastra dalam memperoleh pengetahuan.
– Peneliti bahasa asing – Kritikus sastra |
6. | Akademisi | Lulusan yang dapat bekerja di bidang pendidikan baik di institusi negeri maupun swasta sebagai pengajar bahasa Inggris dari level dasar sampai sampai tingkat lanjut. Selain mengajar, akademisi juga dapat memiliki tanggungjawab sebagai perancang SAP atau silabus serta kurikulum sesuai dengan acuan kurikulum yang dipakai institusi terkait.
– Tutor – Trainer Bila lulusan sastra Inggris ingin menjadi pengajar pendidikan tingkat lanjut (dosen), maka mereka dapat meneruskan pendidikan terlebih dahulu untuk mendapatkan gelar master di bidang yang ingin di tekuni (sastra, linguistik, atau terjemahan). |
7. | Edupreuner | Edupreuner adalah bidang pekerjaan yang melihat peluang usaha di bidang pedidikan berbahasa Inggris dari tingkat toddler hingga menengah atas.
– Pendiri lembaga kursus bahasa Inggris Seperti halnya lulusan bidang akademik, lulusan edupreuner juga dapat menentukan dan membuat kurikulum yang akan digunakan dalam lembaga pendidikan yang didirikannya. |
RANAH TOPIK KEILMUAN PROGRAM STUDI
No. | Ranah Topik | Capaian Pembelajaran |
1 | Karakter dan Integritas | 1. Mampu menerapkan prinsip-prinsip moral atau nilai spiritualitas sesuai dengan ajaran agama yang dianut, yang berlaku secara universal dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan menjadikan prinsip atau nilai tersebut sebagai motivasi untuk menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan IPTEK.
2. Mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa dalam upaya pengembangan pribadi yang berkarakter dan berintegritas. 3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. 4. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi lingkungan hidup dalam konteks pengembangan karir profesional di perusahaan atau instansi pemerintah sebagai upaya mendukung sustainabilitas (keberlanjutan) lingkungan. 5. Mampu memahami prinsip-prinsip anti korupsi dan penyalahgunaan narkoba sebagai upaya peningkatan karakter dan integritas di dunia kerja. |
2 | Kemahiran berbahasa Inggris | 1. Mampu menguasai dan menerapkan struktur dan kaidah bahasa Inggris dalam empat keterampilan berbahasa yaitu membaca, menulis, mendengar, dan berbicara.
2. Mampu mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kosa kata bahasa Inggris sesuai dengan konteks penggunaan. 3. Mampu menguasai kosa kata bahasa Inggris dalam ranah atau bidang profesi non-Inggris. 4. Mampu menguasai komunikasi dalam bahasa Inggris dengan aksen British dan American, baik sebagai penutur maupun sebagai pendengar. 5. Mampu mempresentasikan suatu hasil bacaan, gagasan dan analisis menggunakan bahasa Inggris di dalam suatu forum. |
3 | Linguistik bahasa Inggris | 1. Mampu menguasai teori atau kaidah dasar linguistik bahasa Inggris.
2. Mampu menguasai karakter dan budaya penggunaan bahasa Inggris. 3. Mampu menerapkan teori dan kaidah linguistik bahasa Inggris dalam penggunaan bahasa Inggris secara lisan maupun tulisan. 4. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis fenomena kebahasaan terutama penggunaan bahasa Inggris di lingkungan sehari-hari. 5. Mampu membuat penelitian linguistik bahasa Inggris baik secara sederhana maupun kompleks dengan mengikuti metode-metode penelitian. |
4 | Sastra Inggris | 1. Mampu menguasai teori dasar
kesusastraan sastra Inggris. 2. Mampu menguasai teori kritik sastra dan menerapkannya pada karya sastra Inggris. 3. Mampu menguasai sejarah dan perkembangan ilmu dan karya sastra di Inggris dan Amerika beserta tokoh-tokohnya. 4. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis fenomena sosial yang terkandung dalam karya sastra Inggris dan mampu mengasosiasikannya dengan fakta sosial masyarakat pada zaman tertentu. 5. Mampu melakukan penelitian terhadap karya sastra Inggris secara sederhana maupun kompleks dengan mengikuti metode-metode penelitian. 6. Mampu berkreasi dalam kesusastraan sehingga mampu menciptakan karya sastra baru. |
5 | Terjemahan | 1. Mampu menguasai teori dan metode dasar
penerjemahan. 2. Mampu menerapkan dan mengaplikasikan Teori dan metode penerjemahan pada teks buku, naskah film, atau dokumen legal dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dan sebaliknya. 3. Mampu mengidentifikasi dan menginterpretasikan nilai-nilai budaya yang memengaruhi penerjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya. 4. Mampu melakukan penelitian terhadap penerjemahan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, dan sebaliknya dengan mengikuti metode-metode penelitian. 5. Mampu melakukan penerjemahan terhadap teks bahasa Indonesia maupun teks bahasa Inggris. |
6 | Kebudayaan Inggris, Amerika dan Australia | 1. Mampu menguasai dasar teori dan ilmu budaya Inggris di Inggris, Amerika, dan Australia.
2. Mampu mengidentifikasi pola pikir dan budaya masyarakat penutur bahasa Inggris, khususnya Inggris, Amerika, dan Australia. 3. Mampu membandingkan sejarah dan perkembangan kebudayaan di masyarakat penutur bahasa Inggris seperti Inggris, Amerika, dan Australia dengan sejarah dan perkembangan budaya masyarakat Indonesia. 4. Mampu menerapkan pola pikir dan budaya masyarakat penutur bahasa Inggris, khususnya Inggris, Amerika, dan Australia dalam kehidupan sehari-hari. |
7 | Riset dan Penelitian | 1. Mampu menguasai teori dan metode penelitian di bidang linguistik, sastra, dan penerjemahan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menerapkan teori dan metode penelitian bidang linguistik, sastra, dan penerjemahan dalam bahasa Inggris. 3. Mampu menemukan dan mengidentifikasi masalah kebahasaan, kesusastraan, dan penerjemahan dalam bahasa Inggris. 4. Mampu menganalisis fenomena kebahasaan, kesusastraan, dan penerjemahan dengan mengikuti teknik dan metode penelitian. 5. Mampu mendeskripsikan hasil penelitian dalam suatu tulisan ilmiah. |
8 | Kecakapan hidup (Soft-Skill) | 1. Mampu menerapkan Bahasa Indonesia dan
Inggris sebagai bahasa ilmiah/saintifik sebagai cara untuk mendiseminasikan karya ilmiah secara tertulis dan mampu mengembangkannya sebagai bahasa komunikasi profesional untuk dunia kerja. 2. Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam koridor pengembangan karir profesional di dunia Kerja. 3. Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar berwirausaha berbasis kreatifitas dan inovasi dengan mendayagunakan basis keilmuan program studi. 4. Mampu menerapkan atau mengembangkan kemampuan salah satu cabang bidang olah raga atau seni sebagai media penguatan soft- Skill. 5. Mampu berpikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara Komprehensif dan akurat berdasarkan analisis data dan informasi. 6. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menghadapi berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi. |