Fakultas Bahasa dan Sastra

Official Website Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional

Prospek Karier Lulusan Prodi Sastra Indonesia

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI

No. Profil Lulusan Deskripsi
1. Linguis  Indonesia Linguis adalah  pengkaji bidang ilmu bahasa yang  mencakup fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik untuk memenuhi kelengkapan profesi linguis.
2. Peneliti Pemula Bahasa dan Sastra Indonesia Peneliti bahasa pemula adalah proses investigasi yang dilakukan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta kebahasaan agar  menghasilkan pengetahuan lebih mendalam mengenai peristiwa, tingkah laku, teori dan membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan bahasa.
3. Ahli Bahasa Indonesia Ahli bahasa adalah  kemahiran, sangat memahami bidang ilmu bahasa Indonesia untuk mengembangkan, menafsirkan makna kata, kalimat, sehingga menjadikannya sebagai narasumber dalam kebahasaan.
4. Ahli Sastra Indonesia Ahli sastra Indonesiaadalah kemahiran, sangat memahami bidang Kesusatraan yang mencakup prosa, cerpen, puisi, dan drama, sehingga menjadikannya sebagai kritikus kesusastraan Indonesia.
5. Penulis Ilmiah dan Kreatif Penulis adalah kecakapan yang secara konsisten melakukan perekaman dalam bentuk tulisan, menciptakan  pekerjaan menulis, baik tulisan ilmiah maupun popular yang dapat menjadikannya sebagai inspiratif, korektif, kreatif, inovatif, motivatif, dan edukatif. 
6. Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidik merupakan profesi yang merencanakan, melaksanakan, dan menilai hasil pembelajaran bahasa dan sastra serta melakukan pembimbingan dan pelatihan bagi peserta didiknya.

RANAH TOPIK KEILMUAN PROGRAM STUDI

No. Ranah Topik Capaian Pembelajaran
1 Karakter, Integritas dan Softskill 1.   Mampu menerapkan prinsip-prinsip moral atau nilai spiritualitas sesuai dengan ajaran agama yang dianut dan berlaku secara universal dalam upaya pengembangan pribadi yang unggul di masyarakat dengan menjadikan prinsip atau nillai tersebut sebagai motivasi untuk menguasai, mengamalkan, dan mengembangkan IPTEK.

2.   Mampu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai ciri khas dan jati diri bangsa dalam upaya pengembangan pribadi yang berkarakter dan berintegritas.

3.   Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

4.   Mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dalam koridor pengembangan karir profesional di dunia kerja.

5.   Mampu menerapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ilmiah/saintifik sebagai cara untuk mendiseminasikan karya ilmiah secara tertulis dan mampu mengembangkannya sebagai bahasa komunikasi profesional untuk dunia kerja.

6.   Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar berwirausaha berbasis kreativitas dan inovasi dengan mendayagunakan basis keilmuan program studi.

7.   Mampu menerapkan atau mengembangkan kemampuan salah satu cabang bidang olah raga atau seni sebagai media penguatan softskill.

8.   Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar konservasi lingkungan hidup dalam konteks pengembangan karir profesional di perusahaan atau instansi pemerintah sebagai upaya mendukung sustainabilitas (keberlanjutan) lingkungan.

9.   Mampu memahami prinsip-prinsip anti korupsi dan penyalahgunaan narkoba sebagai upaya peningkatan karakter dan integritas di dunia kerja.

2 Linguistik Indonesia Linguistik adalah ilmu yang objek kajiannya berupa  bahasa-bahasa umum atau bahasa tertentu. Linguistik dapat berupa  mikrolinguistik dan makrolinguistik.
3 Penelitian Pemula Bahasa Indonesia Penelitian Pemula merupakan penelitian untuk spesialisasi linguistik, membahas metodologi dalam  penelitian linguistik, meliputi definisi metode dan metodologi, dikotomi penelitian kuantitatif dan kualitatif, variabel penelitian linguistik serta tahap dan metode penelitian.
4 Perencanaan Bahasa Indonesia Ahli Bahasa Indonesia ialah kecakapan berbahasa, memiliki pengetahuan, kemampuan untuk menilai dan memutuskan kata bahasa serta maknanya dengan benar, baik, dan andal sesuai dengan aturan dan status pada ranah ilmu kebahasaan.
5 Kritik Sastra Indonesia Mampu, mahir, dalam bidang sastra yang ditandai  oleh  adanya  daya  cipta  yang  tidak   habis-habisnya dalam bidang  kesusatraan yang mencakup prosa, cerpen, puisi, dan drama, sehingga menjadikan dirinya  narasumber dalam kesusastraan Indonesia.
6 Penulisan Ilmiah dan Kreatif

 

Mampu melakukan, memodifikasi, dan  menganalisis catatan atau rekaman setiap kejadian dalam bentuk tulisan. Pekerjaan menulis, mencipta suatu karya tulis, baik  karya tulis ilmiah maupun popular yang dapat menjadikan inspirasi, koreksi sosial, kreasi, motivasi, dan edukasi. 
7 Pendidik  Bahasa dan Sastra Indonesia Mampu merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran bahasa dan sastra, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, sehingga menjadi pendidik yang profesional.
Back to top