Profil Sastra Jepang

Program Strata Satu Program Studi Sastra Jepang Universitas Nasional dirancang untuk menyiapkan sumber daya manusia yang andal, khususnya dalam bidang kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang guna memenuhi kebutuhan tenaga profesional untuk pembangunan dan pengembangan ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan berdasarkan kebutuhan masyarakat. Dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan globalisasi serta tuntutan jaman yang semakin dinamis, Program Studi Sastra Jepang menyelenggarakan pendidikan dengan mengkonsentrasikan pada tiga bidang kekhususan, yaitu (1) kebahasaan (Linguistik), (2) Kesusastraan, dan Kebudayaan. Program Studi Sastra Jepang memiliki izin pendirian dari Dikti dengan status akreditasi “B” berdasarkan keputusan BAN-PT No.042/BAN-PT/Ak-XII/S1/I/2010 pada tahun 2010.

Visi Program Studi Sastra Jepang
Visi Program Studi Sastra Jepang adalah menjadi pusat pengembangan dan pendidikan ilmu bahasa, sastra, dan budaya Jepang yang unggul, kritis, kreatif, dan berdaya saing tinggi di dunia global.

Misi Program Studi Sastra Jepang

  1. Menyelenggarakan Pendidikan di bidang kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang secara profesional dengan memadukan hardskill dan softskill yang disertai dengan kemampuan berwirausaha.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang terintegrasi dalam tiga bidang keilmuan, yang mencakup kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menerapkan
    ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang.

Tujuan Program Studi Sastra Jepang

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang kebahasaan,  kesusastraan, dan kebudayaan Jepang.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang yang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains.
  3. Meningkatkan relevansi pendidikan kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang dengan kebutuhan dunia kerja yang senantiasa berubah.
  4. Mengembangkan kerja sama dengan institusi dalam dan luar negeri.

Sasaran Program Studi Sastra Jepang

  1. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi di bidang ilmu kebahasaan, kesusatraan, dan kebudayaan Jepang
  2. Meningkatkajn relevansi kurikulum berbasis kompetensi dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja yang sesuai dengan perkembangan ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang
  3. Menghasilkan lulusan yang dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya Jepang
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu mengembangkan ilmu kebahasaan, kesusastraan, dan kebudayaan Jepang melalui penelitian yang berkelanjutan
  5. Meningkatkan relevansi dan kemanfaatan ilmu kebahasaan, ktsusastraan, dan kebudayaan Jepang dalam aktivitas pengabdian kepada masyarakat

Prospek Kerja Lulusan Program Studi Sastra Jepang

Prospek kerja bagi lulusan Program Studi Sastra Jepang di antaranya menjadi interpreter, penerjemah, guide, pengajar, bekerja di perusahaan Jepang baik yang ada di Indonesia maupun di Jepang, dan bidang-bidang lainnya yang berkaitan dengan kejepangan.