Profil Sastra Indonesia

Visi

Mewujudkan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul dalam pendidikan dan pengembangan bahasa, sastra, dan budaya Indonesia

Misi

  1. Membekali calon sarjana dengan pengetahuan dalam ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia
  1. Membentuk calon sarjana yang kreatif, analitis, dan kritis dalam menyikapi perkembangan bidang ilmu bahasa, sastra, dan budaya Indonesia
  1. Membentuk calon sarjana yang bertakwa dan berbudi luhur sehingga dapat berguna bagi bangsa dan negara.

Tujuan

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang terampil, kreatif, produktif, professional, dan inovatif di bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia dan mampu mengamalkan ilmunya di masyarakat.

Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia UNAS merupakan pelopor pengembangan ilmu kebahasaan dan kesastraan Indonesia secara teori dan terapan. Berpengalaman mapan tahun 1949 sebagai satu-satunya pelopor program studi sastra Indonesia yang diselenggarakan perguruan tinggi swasta. Eksistensi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia UNAS juga menjadi literatur sastra Indonesia klasik dan modern ditunjang kredibilitas Begawan Sastra, Alm. Prof. Sutan Takdir Alisyahbana. Kini, dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia UNAS tidak hanya membekali mahasiswa dengan kemampuan aplikasi kebahasaan dan kesastraan Indonesia tetapi juga dengan kemahiran dalam bidang:

  1. PENYUNTINGAN (Editing)
  2. PENERJEMAHAN (Translation)
  3. JURNALISTIK (Journalism)
  4. PENYUSUN LAPORAN (Reporting)
  5. PENULISAN SKENARIO (Script Writing)
  6. PENYIARAN (Broadcasting)
  7. PENYAIR (Lyricist)
  8. PENGARANG (Novelist)(
  9. KOLOMNIS MEDIA MASSA (Correspondent)

PROSPEK PROFESI

Kompetensi alumni Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia UNAS diminati berbagai bidang usaha serta wirausaha. Beberapa diantaranya produksi film atau sinetron (Production Home), periklanan (Advertising), kritikus sastra (Literary Critic), dsb.

PROGRAM LINTAS JURUSAN DAN FAKULTAS

Mahasiswa diberi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja mereka dengan mengambil mata kuliah di luar program studi pada fakultas lain, seperti: Komputer, Akuntansi, Pemasaran, Diplomasi, dan lain-lain. Matakuliah-matakuliah ini nantinya dapat berguna dalam menunjang karir di dunia pekerjaan.

KURIKULUM
144 Satuan Kredit Semester (SKS)
Masa studi 7 sampai 14 semester.

SARANA PENDIDIKAN

– Ruang Kuliah AC reguler
– Ruang Kuliah Student Centered Learning
– (Pemusatan belajar pada mahasiswa dengan fasilitas multimedia dan internet)
– Ruang Self Access Learning
– Laboratorium bahasa
– Perpustakaan Pusat
– Perpustakaan Jurusan
– Lokasi Sekretariat Fakultas: Blok IV lt.1

 

One comment

  • Apakah fakultas bahasa dan sastra jurusan bahasa dan sastra indonesia menerima mahasiswa pindahan yang ingin melanjutkan skripsi?
    Kalau bisa bagaimana prosedurnya?
    Biayanya mahal tidak?