Profil (D-III) Bahasa Mandarin

Visi

Menjadikan pusat pembelajaran bahasa Mandarin yang andal dan memiliki reputasi yang tinggi serta mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidangnya.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional diploma 3 di bidang bahasa Mandarin dalam suasana akademik yang kondusif guna menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keunggulan, kemandirian, bermoral dan beretika.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan gagasan yang inovatif untuk mengembangkan bahasa Mandarin, sebagai perwujudan komitmen pada pembangunan bangsa.
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian melalui publikasi ilmiah dan kegiatan pengabdian masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang bahasa Mandarin.

Tujuan

  1. Mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam bidang bahasa Mandarin.
  2. Mampu dan terampil berkomunikasi dalam bahasa Mandarin baik lisan maupun ter
  3. Mengembangkan   kegiatan   pengabdian   kepada   masyarakat melalui penerapan IPTEKS dan bahasa Mandarin dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat

UNIVERSITAS NASIONAL
GUANGXI UNIVERSITY FOR NATIONALITIES

PROGRAM DUAL DEGREE BAHASA MANDARIN FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA

GELAR

Ahli Madya(A.Md)
Fakultas Bahasa dan Sastra
Universitas Nasional, Jakarta

Strata 1 (S1)
College of International Studies
Guangxi University for Nationalities
Perguruan Tinggi Negeri di Republik Rakyat China

Sejak tahun 2007, China telah menjadi kekuatan ekonomi nomor tiga di dunia dengan berhasil melampaui Jerman.Pencapaian itu merupakan tonggak baru bagi China di tingkat sosial dunia dengan hanya berada di bawah Jepang dan Amerika Serikat. Merujuk data yang dirilis pemerintah China, pada Januari 2009, ekonomi China tumbuh sepuluh kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Bisnis bangsa China menjadi semakin meluas di mancanegara, termasuk di Indonesia.

Melihat perkembangan ini, bahasa Mandarin menjadi penting dalam komunikasi bisnis. Pada bagian yang sama, pemahaman yang baik terhadap kebudayaan, etos kerja dan manajemen ala China semakin membuka peluang untuk berkarir atau mengembangkan bisnis.

JENJANG STUDI

Program dual degree Bahasa Mandarin terselenggara atas kerjasama Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional bersama Guangxi University for Nationalities, salah satu perguruan tinggi negeri di Republik Rakyat ChinaPada tahap awal, mahasiswa menyelesaikan jenjang D3 UNAS, dalam waktu 6 (enam) semester untuk meraih gelar akademik Ahli Madya (A.Md).

Lulusan D3 UNAS dapat langsung melanjutkan studi ke College of Internasional Studies, Guangxi University for Nationalities (PTN di RRC) selama 2 tahun untuk meraih gelar Strata 1 (S1).

KURIKULUM

Kurikulum dan pengajaran Bahasa Mandarin yang up-to-date praktis, kompetitif, berorientasi pada pembekalan kompetensi di bidang bisnis dan perkantoran, jurnalistik, kehumasan dan pariwisata.

Dosen profesional dan lulusan perguruan tinggi terkemuka dari dalam maupun luar negeri, ditambah dengan dosen native dari Guangxi University for Nasionalities.

METODE KULIAH

  • Kuliah klasikal (tatap muka),
  • Laboratorium bahasa dengan pengajar native,
  • Praktik kerja (magang), dan
  • Penulisan karya tulis akhir.

FASILITAS

  • Ruang kuliah student centered learning (dilengkapi fasilitas multimedia dan internet),
  • Perpustakaan,
  • Sistem Informasi Online dan hotspot
  • Laboratorium Bahasa, dan
  • Fasilitas umum universitas.

 

 

One comment

  • Perkuliahaannya jam berapa dan ada gak yg kelas karyawan untuk jurusan bahasa mandarin.

    thaks.