VISI

Terwujudnya Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Nasional, unggul dalam bidang penelitian Kebahasaan, Kesastraan dan kebudayaan menuju industri kreatif lokal untuk kepentingan nasional yang kompetitif di era global pada tahun 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berwawasan, budaya luhur bangsa untuk menghasilkan SDM yang andal, profesional, serta menguasai bidang bahasa, sastra, dan budaya  Indonesia, Inggris, Jepang,  dan Korea.
  2. Mengembangkan dan menetapkan lulusan yang mampu bersaing di bidang penelitian, kekreatifan, dan kebudayaan pada tingkat nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas unggul dan berwawasan budaya luhur bangsa untuk menghasilkan penemuan dan/atau pembaruan ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang bahasa dan sastra, serta budaya Indonesia, Inggris, Jepang, Korea.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran untuk membantu memecahkan masalah sosial kemasyarakatan terkait dengan bidang kebahasan, kesastraan, dan kebudayaan.
  5. Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional melalui budaya akademik yang etis dan kondusif dengan semangat kewirausahaan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian akademik bidang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea dengan menekankan semangat kearifan lokal dan kepentingan nasional di era global.
  2. Menghasilkan penelitian yang menunjang pengembangan keilmuan, kekreatifan dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea.
  3. Menghasilkan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) di bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea yang tepat dan hasil guna.
  4. Menghasilkan kerja sama dengan berbagai lembaga kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Meningkatkan kemampuan lulusan bekerja secara efektif efisiensi yang mempunyai jati diri kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea.

 

SASARAN

 

  1. Menghasilkan lulusan yang minimal 80%-nya mencapai IPK ³ 3,00;
  2. Menghasilkan lulusan yang minimal 70%-nya dapat diserap di dunia kerja bidang bahasa, sastra, dan budaya, unggul dalam bidang penelitian, kekreatifan, dan kebudayaan Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea yang kompetitif dengan berlandaskan iman dan takwa.
  3. Menghasilkan berbagai karya inovatif di bidang bahasa, sastra, dan budaya Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi tantangan dan persaingan global.
  4. Menciptakan kerja sama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun di luar negeri untuk mencapai kesetaraan mutu lulusan.
  5. Menciptakan layanan program akademik kemahasiswaan yang menggunakan sistem tata kelola.

 

STRATEGI PENCAPAIAN

Berbagai strategi yang dipilih dan akan dilaksanakan dalam upaya mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran seperti berikut.

  1. Menyusun rencana strategis empat tahunan yang dilakukan dengan melibatkan stakeholder baik internal maupun eksternal.
  2. Menyusun Rencana Operasional empat tahunan yang merupakan penjabaran program untuk dilaksanakan setiap tahunnya.
  3. Mendukung penyusunan Kurikulum bagi program-program studi yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan kebutuhan serta tuntutan pasar.
  4. Menerapkan pola pembelajaran yang seimbang antara kemampuan akademik hard skill dan soft skill.
  5. Meningkatkan kualitas dosen dalam proses pembelajaran.
  6. Menerapkan prinsip-prinsip dialogis, komunikasi dua arah, dan egalitarian antardosen dan mahasiswa.
  7. Mengganti sarana dan prasarana yang sudah tidak memadai dan menerapkan teknologi informasi mutakhir.
  8. Mengoptimalisasi Unit Penjaminan Mutu di tingkat fakultas dan Tim Penjaminan Mutu di tingkat program studi.
  9. Mendorong staf akademik dan staf pendukung pendidikan dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan mengikuti pelatihan-pelatihan keahlian yang dibutuhkan.
  10. Menerapkan sistem evaluasi secara internal dan eksternal.
  11. Melakukan evaluasi kinerja masing-masing unit dan badan normatif fakultas dalam upaya meningkatkan peran dan fungsinya.
  12. Membentuk badan kerja sama dan meningkatkan peran serta fungsi lembaga yang berpotensi untuk mendapatkan dana.
  13. Menyusun dan menerapkan Standard Operational procedure (SOP) dan Manual Operational Procedure (MOP) layanan akademik di masing-masing unit pelayanan.
  14. Mengevaluasi efektivitas, efisiensi, dan kinerja organisasi fakultas.
  15. Mendorong dosen dalam meningkatkan kemampuan dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian melalui pelatihan-pelatihan bidang riset.