Nihon Bunka Matsuri 2011

100_1659

JAKARTA (UNAS) – Kampus Universitas Nasional di jalan Sawomanila Pasar Minggu dibanjiri pengunjung, Sabtu (10/12). Ratusan siswa SMA dan juga mahasiswa universitas sejabodetabek menghadiri acara Nihon Bunka Matsuri 2011 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa Jepang (HIMABAJA) Unas.

Jika tahun lalu kegiatan tersebut banyak dilakukan di dalam ruangan, tahun ini dibuat sedikit berbeda dengan memfokuskan kegiatan di area lapangan utama Unas. Tak kurang dari puluhan stand dan panggung utama ikut meramaikan acara tersebut.

Dari beragam acara yang disuguhkan, lomba karaoke merupakan salah satu acara yang menyedot banyak perhatiaan dari pengunjungnya. Lebih dari 100 orang memadati area selasar blok 4 untuk menyaksikan perlombaan karaoke yang berlangsung tersebut.

“Ini merupakan pertama kalinya HIMABAJA UNAS bekerja sama dengan Inul Vizta Pejaten Village. Sebagai salah satu tempat karaoke favorit, pihak Inul langsung memfasilitasi peralatan karaoke guna perlombaan tersebut,” ungkap Ketua Pelaksana Nihon Bunka Matsuri 2011, Fery Purwadi.

Tak hanya itu saja, kemeriahan festival seni dan budaya negeri sakura ini tergambarkan dari antusiasme siswa-siswi SMA dan Universitas dalam mengikuti rangkaian acara yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Dihari pertama, Sabtu (10/12), peserta Nihon Bunka Matsuri 2011 disuguhkan oleh penampilan Tari Berangkat yang merupakan perpaduan tarian dari Bali dan Jepang. Pada hari itu peserta juga diberi kesempatan mengikuti upacara minum teh (Chanoyu) yang diperagakan langsung oleh orang Jepang. Selain lomba karaoke, hari itu juga dimeriahkan oleh berbagai lomba lainnya seperti lomba story telling, role play, cerdas cermat, desain karakter, hias bento, dan lomba makan onigiri.

Pada puncak acara, Minggu (11/12), Unas diwarnai oleh kemeriahan penampilan peserta lomba cosplay yang umumnya datang dari kalangan siswa SMA dan Umum se-Jabodetabek. Mereka menampilkan berbagai karakter tokoh-tokoh Jepang. Disamping itu band-band indie juga turut meramaikan acara tersebut.

Di tengah-tengah penampilan band dan musik jepang, panitia mengumumkan pemenang lomba-lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya. I Nyoman Danan keluar sebagai juara pertama lomba cosplay, di lomba karaoke, Rizu berhasil meraih juara pertama, Ferdiansyah pemenang lomba Shodo, Kiki dalam lomba makan Onigiri, Rini Wulanjani sebagai juara dalam lomba Story Telling, Fudou yang merajai lomba desain karakter, Abeth dalam lomba makan Ramen, Andri menjuarai lomba makan Takoyaki, dan ada pula Nandira Agatha yang menjuarai Role Play dalam Bahasa Jepang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *