Mahasiswa Sastra Mandarin UNAS, Ukir Prestasi

final_lani

Jakarta (UNAS) – Menekuni bidang yang disenangi memang membuat seseorang menjadi semangat dan optimis untuk terus belajar dan mendalaminya. Selanjutnya, untuk mengetahui hasil dari proses belajar tersebut seseorang dapat melakukan banyak hal diantaranya ujian, tes atau mengikuti lomba pada bidang yang ditekuninya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional.

Tidak sekedar untuk mengasah lebih dalam kemampuannya, mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin semester VI, Achmad Syarif Maulani pun berhasil meraih juara harapan I dalam lomba pidato Bahasa Mandarin yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin DKI Jakarta bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Rakyat China dan Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) yang diselenggarakan pada Sabtu (21/4) di Hasyim Ashari, Jakarta Pusat.

“Kompetisi ini sebenarnya merupakan kegiatan regular pemerintah China, disaring tiap negara yang nantinya akan berlomba di China. Untuk saat ini, masih pemilihan tingkat provinsi dulu,” papar Lani saat diwawancarai di Ruang UPT Marketing and Public Relations (MPR) Universitas Nasional, Selasar Blok I Lantai 3, Jum’at (27/4).

Lani menjelaskan bahwa dalam kompetisi yang diikuti oleh 20 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi seperti Universitas Bina Nusantara, Universitas Darma Persada, Universitas Al – Azhar dan lainnya ini setiap peserta diberikan waktu tiga menit untuk berpidato dengan tema impian setiap peserta dengan negara China. “Saat diminta untuk berpidato, saya membawakan judul dua mimpi saya “Wo de Shuang Meng” yang pertama tentang pengalaman selama di negeri China, dan cita – cita saya untuk dapat teman dekat disana,” imbuh Lani.

Tidak hanya berpidato, para peserta yang lolos dalam lomba pidato diminta untuk menunjukkan keterampilan seni sesuai dengan minatnya, namun tetap berhubungan dengan China. Lani sendiri akhritnya berhasil meraih Juara Harapan I setelah melengkapi kompetisi tersebut dengan membawakan puisi berjudul “Ning Mou Chu, Zao Chen”. Sementara itu, predikat Juara I dan II didominasi oleh perwakilan dari Universitas Bina Nusantara dan Xin Ya College Jakarta Barat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *