Kunjungan Mahasiswa Prodi Sastra Jepang Ke Kedutaan Besar Jepang, Jakarta 25 Januari 2023

Kunjungan Mahasiswa Prodi Sastra Jepang Ke Kedutaan Besar Jepang, Jakarta 25 Januari 2023

Niat untuk berkunjung ke kedutaan Besar Jepang Jakarta,  bermula dari perkuliahan Percakapan Bahasa Jepang Lanjutan 2 yang diisi dengan tema “Teknik Wawancara Kerja dan Harapan”. Kebetulan kelas ini dibantu oleh tenaga volentir, yakni orang Jepang yang tinggal di Jakarta.

Kemudian tercetus untuk berkunjung ke kedutaan dan niat ini disampaikan kepada pihak kedutaan. Setelah melalui beberapa tahapan maka diputuskan materi dari kunjungan ini adalah mengetahui pekerjaan apakah yang bisa dilakukan oleh staf lokal ketika bekerja di kedutaan. Hal ini tentunya sangat memberikan motivasi bagi mahasiswa sastra Jepang. Selain itu, dijelaskan juga mengenai beasiswa yang dapat diperoleh oleh mahasiswa dari pemerintah Jepang dan lainnya. Dengan 2 materi ini banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa.

Bagian lain yang juga dijelaskan oleh pihak kedutaan dalam hal ini bagian Informasi dan budaya, yakni pengenalan budaya Jepang dengan kekhususan dari musim yang ada di Jepang. Kunjungan ini ditutup dengan Furoshiki atau membungkus hantaran dengan kain. Selain dijelaskan tentang budaya ini, pihak kedutaan juga memperagakan cara membuat Furoshiki dan mahasiswa mengikuti alur pembuatannya dengan kain yang sudah dipersiapkan dari rumah.

Kunjungan ini dikuti oleh 21 mahasiswa, 2 orang dosen, dan 1 orang tenaga volentir Jepang, sedangkan dari pihak kedutaan ada 4 orang.