Kolaborasi Tiga Negara, Empat Prodi Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional Hadiri Melayu Day Di Thailand

Kolaborasi Tiga Negara, Empat Prodi Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional Hadiri Melayu Day Di Thailand

Jakarta (UNAS) – Empat perwakilan Prodi Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Bahasa Korea, menghadiri kegiatan Melayu Day di Provinsi Yala, Thailand pada Sabtu- Senin (17-25/2). Kegiatan Melayu Day merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Provinsi Yala, Thailand yang berkolaborasi dengan tiga negara yaitu Thailand, Indonesia dan Malaysia. Melayu Day berisikan kegiatan tentang ; pameran pendidikan, bazar produk-produk tradisional dari masing-masing negara dan pentas seni budaya.

Sebagai dosen pendamping sekaligus Ketua Program Studi Sastra Inggris, Dr. Siti Tuti Alawiyah, S.S,M.Hum menyampaikan bahwa selain mengikuti pameran pendidikan dan penampilan seni budaya Indonesia juga merupakan ajang diskusi mengenai implementasi nota kesepahaman yang sedang dijajakan. “Kegiatan lainnya selain pameran dan pentas seni adalah perancangan implementasi Memorandum of Agreement (MoA) English Department, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional dengan Faculty of Humanities & Social Sciences, Prince of Songkla University, Pattani dan English Department The Faculty of Liberal and Arts, PSU, Hat Yai Thailand”, jelasnya.

Ia melanjutkan kegiatan seperti ini akan dilakukan mengingat hal ini bisa mengharumkan nama Universitas dan juga mengenalkan Universitas Nasional di kancah Internasional. “Kegiatan ini sangat berkesan sekali, ini merupakan kegiatan kali pertama Empat Prodi Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS diundang berpartisipasi yang tentunya dapat mengharumkan nama UNAS dan sekaligus mengenalkan UNAS secara internasional. Ini juga akan memberikan pengalaman untuk mahasiswa sebagai delegasi perwakilan dari Empat Prodi Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional”, pungkasnya.

Sebanyak 8 perwakilan Universitas Nasional yang terdiri dari 6 Mahasiswa, 1 Dosen pendamping dan Kepala Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa & Sastra yang tergabung dalam delegasi Indonesia turut serta memeriahkan acara ” 8th Melayu Day” yang bertepatan di Chang Phueak Park, Yala,  Thailand Selatan.

8 perwakilan Universitas Nasional dari Empat Prodi Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional berangkat pada tanggal 22 Februari 2023 dengan misi untuk mengenalkan budaya Indonesia sekaligus melaksanakan program promosi kampus Universitas Nasional lewat booth yang berlokasi pada pameran acara 8th Melayu Day tersebut. Misi pengenalan budaya Indonesia sendiri dilaksanakan oleh Afrina Ghaisani, Nita Oktaviani & Haifa Rahadatul selaku Mahasiswa Fakultas Bahasa & Sastra yang menampilkan tarian Bajidor Kahot, Panji Semirang & Kinang Kilaras.

Sementara beberapa Mahasiswa melaksanakan promosi kampus di booth Universitas Nasional yang banyak dikunjungi oleh peminat yang ingin melanjutkan studi di Indonesia terkhusus di daerah Jakarta. Beberapa produk-produk lokal Indonesia turut diperkenalkan kepada publik Thailand di booth pameran Universitas Nasional seperti; Jamu racik, Kipang Pulut, Karak Kaliang, Kripik Balado, Rendang hingga Keripik Kunyit. Booth Universitas Nasional masih menjadi pusat perhatian masyarakat Yala sampai dengan hari ke 3 pelaksanaan kegiatan 8th Melayu Day.

Sumber : https://www.unas.ac.id/berita/strongkolaborasi-tiga-negara-prodi-sastra-inggris-universitas-nasional-hadiri-melayu-day-di-thailand-strong/