Kajian Buku “Semiotika: Konstruksi Mitos dan Ideologi dalam Iklan”

Kajian Buku “Semiotika: Konstruksi Mitos dan Ideologi dalam Iklan”

Pada hari Rabu, 10 Juli 2024, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional menggelar acara Kajian Buku dengan judul “Semiotika: Konstruksi Mitos dan Ideologi dalam Iklan” di Aula Blok I Lantai 4. Acara yang berlangsung dari pukul 13.00 hingga 15.00 WIB ini menghadirkan sejumlah pakar di bidang semiotika, komunikasi, dan budaya.

Acara dibuka dengan keynote speech dari Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., yang menjabat sebagai Dekan Bahasa dan Sastra Universitas Nasional. Dalam sambutannya, Dr. Somadi menekankan pentingnya pemahaman semiotika dalam mengkaji iklan, yang sering kali menyampaikan lebih dari sekadar pesan komersial tetapi juga mitos dan ideologi. Membahas bagaimana pengiklan mengonstruksi konsumen menggunakan tanda, penanda, dan petanda.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari empat narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing. Narasumber pertama, Prof. Dr. Alek, M.Pd., seorang dosen Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, membahas tentang Studi Semiotika, dan Komunikasi Massa. Narasumber kedua, Drs. Adi Prakosa, M.Si., dosen Ilmu Komunikasi Universitas Nasional, menjelaskan tentang kajian iklan dengan pendekatan komunikasi.
Narasumber ketiga, Prof. Dr. Fathu Rahman, M.Hum., dosen S-2 Program Linguistik Universitas Nasional, memaparkan tentang semiotika iklan. Sedangkan narasumber keempat, Prof. Dr. Tadjuddin Maknun, SU., Guru Besar Budaya dan Semiotika Sosial dari Universitas Hasanuddin, memberikan pandangannya tentang konstruksi teori semiotika.

Diskusi yang dipandu oleh moderator Nursatyo, S.Sos, M.Si., dosen Ilmu Komunikasi Universitas Nasional, berjalan dengan interaktif dan mendapatkan banyak respons positif dari para peserta. MC pada acara ini adalah Wikartika Amanda Utami, seorang mahasiswa Sastra Indonesia, yang mampu mengarahkan acara dengan baik dan lancar.

Acara ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya semiotika dalam mengkaji iklan, serta memperkaya pengetahuan para peserta tentang bagaimana iklan dapat membentuk dan menyampaikan mitos dan ideologi.
Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusiasme tinggi dari para peserta, yang menunjukkan minat besar terhadap topik yang dibahas.

Dokumentasi Kegiatan : Klik